- Friday, July 14, 2017

Taman Menteng Sebagai Rekreasi Keluarga

Taman merupakan bagian dari ruang publik yang dapat menyediakan banyak manfaat bagi suatu kota. Taman kota dari segi ekologis bermanfaat untuk  menghasilkan  oksigen, meminimalisir polusi udara, meminimalisir kebisingan, serta sebagai tempat penampungan air tanah sehingga mencegah banjir atau erosi. Manfaat sosialnya, yaitu dapat menjadi sarana komunikasi antar masyarakat, sarana aktivitas  seperti olahraga, bermain dan rekreasi. Selain itu, manfaat lain dari sebuah taman adalah menjadikan sebuah kota memiliki daya tarik dengan adanya taman. 
Taman Menteng merupakan salah satu taman di Jakarta yang menyediakan penghijauan seperti fasilitas rumah kaca untuk pemberdayaan flora serta ruang-ruang terbuka untuk interaksi sosial dan rekreasi bagi masyarakat. Ruang hijau merupakan area yang paling luas diantara semua fasilitas yang terdapat di Taman Menteng. Pada ruang hijau ini banyak ditanami pepohonan, jenis tanamannya merupakan tanaman peneduh tahunan, tanaman buah, tanaman penghijau, tanaman pemikat burung dan lain seba-gainya.

            Setiap harinya Taman Menteng selalu ramai didatangi pengunjung dari mulai dari pengunjung yang hanya ingin bersantai, hingga pengunjung yang datang sekeluarga untuk berekreasi. Selain itu juga terdapat pengunjung yang melakukan photoshoot dan foto prewedding. Hal tersebut dikarenakan fasilitas yang disediakan Taman Menteng bisa dikatakan cukup lengkap dan memadai sebagai tempat rekreasi keluarga serta desain taman yang menarik membuat pengunjung Taman Menteng berasal dari berbagai usia.

No comments:

Post a Comment