- Friday, July 14, 2017

Masukan untuk Taman Menteng sebagai Tempat Rekreasi Keluarga

Disamping fasilitas-fasilitas yang disediakan Taman Menteng yang begitu lengkap, fasilitas-fasilitas tersebut juga memerlukan perbaikan. Berikut ini merupakan saran atau masukan untuk Taman Menteng baik lingkungan maupun fasilitasnya agar dapat menjadi ruang terbuka publik sebagai tempat rekreasi keluarga yang lebih baik lagi.
1.    Perbaikan untuk beberapa fasilitas yang sudah harus diperbaiki
Taman Menteng memiliki beberapa fasilitas yang perlu diperbaiki. Fasilitas yang perlu diperbaiki antara lain:

a.    conblock yang sudah hancur dan tidak rata perlu diperbaiki karena membahayakan.
b.    Pinggiran kursi tembok yang sudah rusak dan tajam.
c.    Karpet di area bermain yang sudah mengelupas.
a.    Atap rumah kaca yang bolong
b.    Tempat sampah yang sudah rusak dan tidak lengkap

2.    Pemanfaatan rumah kaca kembali sebagai tempat bibit.
Rumah kaca saat Taman Menteng diresmikan awalnya bertujuan sebagai tempat bibit tanaman yang dapat dilihat oleh pengunjung taman, namun kini kedua rumah kaca di Taman Menteng kosong dan tidak terpakai saat tidak ada event. Sebaiknya, rumah kaca Taman menteng dimanfaatkan kembali sebagai tempat bibit tanaman yang dapat dijadikan tempat edukasi pengenalan bibit tanaman kepada pengunjung taman.

3.    Penanaman pohon yang menghasilkan seperti pohon buah.
Taman Menteng memiliki beberapa lahan kosong yang sebenarnya dapat dimanfaatkan sebagai area untuk menanam pohon. Pohon yang kami sarankan yaitu pohon yang menghasilkan seperti pohon buah, karena pohon buah tidak hanya sebagai sumber oksigen maupun keteduhan, tetapi juga saat berbuah dapat dinikmati oleh pengunjung.

4. Peningkatan keamanan di area Taman Menteng untuk mencegah tindak kejahatan maupun pedagang liar.
Taman menteng sudah memiliki dua satuan pengaman (satpam) yang berkeliling di area taman secara berkala untuk memantau situasi taman. Namun, dua satpam dirasa kurang cukup, karena masih banyak pedagang liar yang berdagang di area taman dan mengurangi kenyamanan pengguna taman. Untuk itu perlu penambahan anggota satpam sehingga keamanan dan kenyamanan taman dapat lebih terkendali.

5.    Penambahan fasilitas berupa food court
Pedagang makanan liar yang menghiasi Taman Menteng dapat mengurangi kenyamanan pengunjung taman. Untuk itu perlu dibuat satu area khusus yang rapi dan terstruktur bagi pedagang-pedagang tersebut untuk berjualan maupun bagi pengunjung untuk sekedar makan dan minum.
6.    Peningkatan kebersihan taman
Taman Menteng sejauh ini sudah cukup bersih, hanya saja masih ada beberapa titik di taman yang masih terdapat sampah berserakan yang dapat menurunkan nilai estetika taman. Sebaiknya perlu dilakukan peninjauan kembali bagi petugas kebersihan dan pertamanan dalam menjaga kebersihan taman, juga bagi pengunjung dalam membuang sampah untuk membuangnya ke tempat yang sudah disediakan.


No comments:

Post a Comment