- Friday, July 14, 2017

Fasilitas Taman Menteng

Taman Menteng sebagai ruang terbuka hijau di pusat Kota Jakarta memiliki banyak fasilitas yang secara umum dimiliki taman lainnya, serta beberapa fasilitas khusus khas Taman Menteng. Fasilitas-fasilitas yang terdapat pada Taman Menteng yaitu sebagai berikut:
1.        Track sepeda/ jogging track
Taman Menteng adalah taman yang ramah pe-sepeda dan kaum disabilitas. Seluruh area di Taman Menteng dapat dicapai dengan jalur yang dapat dilalui oleh roda dengan mudah. Hal ini memudahkan para pengguna sepeda, kaum disabilitas maupun orangtua dengan trolley untuk menjangkau seluruh area yang ada di Taman Menteng. Track sepeda tersebut juga merupaka jogging track yang dapat digunakan oleh seluruh pengunjung taman yang ingin berlari-lari kecil maupun sekedar berjalan mengelilingi taman.
2.       Tempat duduk
Taman Menteng memiliki banyak sekali tempat duduk yang tersebar diseluruh area taman, baik tempat duduk berupa kursi taman yang terbuat dari besi maupun tembok pendek dan lebar yang dapat dipakai untuk duduk. Hal ini memudahkan pengguna taman yang ingin sekedar bersantai dengan kerabat maupun untuk beristirahat setelah lelah berjalan. 
3.       Tempat sampah
Taman menteng sebagai taman yang ramah lingkungan dan bersih memiliki banyak tempat yang tersebar di beberapa titik diseluruh area taman. Tempat Sampah dalam satu titik area biasanya terdiri atas tiga tempat sampah untuk masing-masing sampah, yaitu tempat sampah untuk sampah organik seperti kertas dan daun, tempat sampah untuk sampah anorganik seperti pelastik dan kaleng, serta tempat sampah untuk sampah berbahaya seperti baterai. Tempat sampah di Taman Menteng memiliki ciri khas yang unik, yaitu berupa patung berbentuk binatang-binatang menggemaskan seperti panda, katak dan penguin, serta buah-buahan seperti apel, jeruk dan salak. Ciri khas unik itu membuat anak-anak senang dan menambah nilai estetika Taman Menteng.
4.       Pohon-pohon rindang

Taman Menteng sebagai ruang terbuka hijau memiliki banyak pohon-pohon rindang penghalang terik matahari yang membuat taman menjadi sejuk dan teduh. Pohon-pohon yang tumbuh di Taman menteng sangat beragam, terutama poihon-pohon rindang seperti pohon jati, pohon beringin, pohon teh-tehan, pohon palem, serta semak-semak bunga dan pohon menjalar.
5.       Rumah kaca
Taman Menteng memiliki ruang serbaguna berupa rumah kaca yang merupakan ikon bagi Taman menteng. Rumah kaca Taman Menteng berjumlah dua buah dengan desain dan besar yang hampir sama. Rumah Kaca tersebut menambah nilai estetika bagi Taman menteng dan kerap digunakan untuk tempat berfoto bagi kaum muda-mudi yang sedang mengunjungi Taman Menteng.
6.       Lapangan basket dan futsal
Taman Menteng sebagai pusat olahraga memiliki dua buah lapangan basket dan dua buah lapangan futsal. Lapangan basket dan futsal tersebut dapat digunakan bagi pengguna taman secara cuma-cuma dengan syarat izin terlebih dahulu kepada petugas pembuat jadwal pemakaian lapangan karena jumlah lapangan terbatas dan lapangan kerap kali digunakan oleh tim-tim basket dan futsal untuk berlatih.

7.       Pojok olahraga ‘Brrrrgerak’
Taman Menteng memiliki satu pojok olahraga bernama Brrrgerak dimana disitu terdapat beberapa alat-alat olahraga yang dapat digunakan oleh pengguna taman. Alat-alat olahraga yang disediakan antara lain sepeda pegas, abdominal bench, dip bar, pec deck fly, chin up bar, dan monkey ladder.
8.        Area bermain

Taman Menteng memiliki area bermain yang cukup luas dan aman dilengkapi berbagai macam permainan untuk anak-anak. Lantai are bermain tersebut dilapisi oleh karpet karet yang empuk dan aman bagi anak-anak. Permainan yang disediakan di area bermain tersebut antara lain ayunan, panjatan, perosotan, kastil mini dan jungkat-jungkit.
9.        Tanah berumput

Taman menteng memiliki beberapa area tanah berumput terbuka yang berfungsi sebagai daerah resapan air hujan dan menambah kesan hijau dan asri. Sekeliling tanah berumput tersebut ditumbuhi semak maupun tanaman bunga untuk menghindari pengunjung menginjak-injak rumput yang tumbuh. 
10.    Air mancur

Taman menteng memiliki empat buah kolam air mancur yang dihuni ikan-ikan kecil. Kolam air mancur menambah kesan asri dan segar bagi taman. Sekeliling kolam dibuat cukup lebar sehingga dapat dipakai untuk duduk-duduk oleh pengunjung taman.
11.     Papan Informasi

Selain itu, di Taman Menteng ini juga terdapat papan informasi mengenai peraturan-peraturan taman kota seperti dilarang menginjak rumput, dilarang merusak fasilitas taman, dilarang merusak tanaman, dilarang berjualan, dilarang menggunakan kendaraan bermotor, dan lain-lain. Hal tersebut ditujukan kepada seluruh pengunjung taman kota agar selalu menjaga lingkungan maupun fasilitas Taman Menteng.


No comments:

Post a Comment